Rutinan Ta'lim Ahad Pagi MT. Ahad Pagi An Nur Kota Semarang Dibuka

 

Foto : Pembukaan Rutinan Ta'lim MT. Ahad Pagi An Nur Kota Semarang

Semarang, Qorroba.id

Ahad pagi, 13 Juni 2021 telah dilaksanakan pembukaan rutinan ta'lim Majlis Taklim Ahad Pagi An Nur di markas majlis yang bertempat di Jl. Petek Nomor 55, Semarang Utara, Kota Semarang. Kegiatan tersebut adalah sebagai tanda telah dibukanya kembali ta'lim rutin setiap hari Ahad pagi di markas majlis tersebut.

Kegiatan diawali dengan pelantunan shalawat badar yang dipimpin oleh salah satu munsyid MT. An Nur kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Maulid Al 'Azab karya dari Syaikh Muhammad bin Muhammad Al 'Azab yang dipimpin langsung oleh pimpinan MT. Ahad Pagi An Nur, Al Habib Hasan bin Abdurrahman Al Jufri. Beliau Habib Hasan Al Jufri menyampaikan ucapan terima kasih dan permohonan maaf kepada para jama'ah, serta memberi nasihat dan memohonkan do'a agar fitnah Covid-19 segera Allah angkat dari muka bumi, dan kaum muslimin muslimat dapat berkegiatan seperti biasanya lagi.

Acara pembukaan majlis juga menerapkan protokol kesehatan seperti yang sudah dianjurkan oleh pemerintah diantaranya; mencuci tangan, memakai masker, dan jaga jarak. Setelah pembacaan Maulid Al 'Azab selesai, Habib Hasan Al Jufri meminta kepada Habib Ghozi bin Syahab yang merupakan salah satu Masyayikh Majlis untuk memberikan nasihat kepada para jama'ah. Dalam nasihatnya, beliau Habib Ghozi menyampaikan tentang keutamaan menuntut ilmu serta majlis ilmu, yang mana di majlis ilmu tersebutlah Rahmat Allah diturunkan. Habib Ghozi juga menyampaikan agar nilai-nilai luhur dan amalan-amalan di bulan Ramadhan jangan ditinggalkan begitu saja dengan perginya bulan Ramadhan. Akan tetapi agar selalu menjaga kebaikan-kebaikan Ramadhan di bulan-bulan setelahnya, sampai datang kembali bulan Ramadhan. "Bulan Ramadhan itu ya biasa, datang kemudian pergi, kemudian datang lagi. Akan tetapi nilai-nilai luhurnya itu yang harus kita jaga." tutur beliau Habib Ghozi bin Syahab.

Kegiatan-kegiatan utama di acara rutinan ta'lim Majlis Ta'lim Ahad Pagi An Nur adalah mengkaji kitab-kitab salaf ash sholeh tentang Fiqh, Tasawwuf, Hadits, Sejarah, dan yang lainnya, dan dilaksanakan setiap Ahad Pagi dari Pukul 07:00 - 09:00 WIB. Ta'lim sendiri diisi oleh beberapa Masyayikh atau Habaib diantaranya; Al Habib Hasan bin Abdurrahman Al Jufri, Al Habib Ghozi bin Syahab, Al Habib Muhammad Amin bin 'Abdurrahman Al 'Atthos, Al Habib Hamid bin Sholeh Ba'agil, Al Habib Ali Ridho bin Ahmad Assegaf, dan Al Habib Muhammad bin Farid Al Muthohhar, serta do'a dan talkin dzikir oleh Habaib lainnya. Majlis Ta'lim Ahad Pagi An Nur sendiri didirikan oleh kakek Habib Hasan Al Jufri, yaitu Habib Zein Al Jufri. Setelah Habib Zein wafat, Majlis diteruskan oleh anak beliau yaitu Habib Abdurrahman Al Jufri, hingga kemudian dilanjutkan lagi hingga sekarang oleh Habib Hasan bin 'Abdurrahman Al Jufri. Acara di Majlis ini diikuti oleh ratusan jama'ah. Bahkan ketika acara Haul atau Maulid Nabi, bisa mencapai ribuan jama'ah. (FY) 

Post a Comment for "Rutinan Ta'lim Ahad Pagi MT. Ahad Pagi An Nur Kota Semarang Dibuka"