Jerawat Bikin Gak PD? Baca Do'a Dari Rasulullah Ini

 

Do'a Penyembuh Jerawat Dari Rasulullah


Jerawat atau bisul adalah salah satu penyakit kulit yang sangat menganggu. Kehadirannya bagai mimpi buruk bagi setiap orang, apalagi untuk para ukhti dan ikhwan muda yang sedang dalam masa keemasannya. Iya bisa dibilang sedang ganteng-ganteng, dan cantik-cantiknya. Tentulah jerawat jadi musuh bebuyutannya. Jangan sampai menganggu kemulusan kulit wajahnya.

Rasulullah SAW dalam sebuah riwayat sedang mendatangi salah seorang Isteri beliau. Kemudian terdapat benjolan atau bisul di jari telunjuk Isteri Rasulullah SAW. Rasulullah SAW kemudian meletakan di tangan Isterinya sebuah ramuan Dzarirah (Kemenyan) seraya mengajarkan Do'a kepada Isterinya. Maka setelah itu berangsur-angsur kempes bisulnya.

Berikut Do'a yang diajarkan Rasulullah SAW kepada Isterinya untuk mengobati bisul atau jerawat, dan semestinya bisa diamalkan oleh kita sebagai Ummatnya, yaitu :


َللّٰهُمَّ مُصَغِّرَ الْكَبِيْرِ وَمُكَبِّرَ الصَّغِيْرِ صَغِّرْ مَابِى

"Allahumma Mushaghghirul Kabir, Wa Mukabbirash Shaghir, Shaghghir Maabii"

Artinya, "Yaa Allah, yang mengecilkan yang besar dan yang membesarkan yang kecil, kecilkanlah apa yang menimpaku ini."


Do'a tersebut terdapat dalam Kitab Al Adzkar An Nawawiyah karya Imam Nawawi. Berikut selengkapnya :

kami meriwayatkan di dalam Kitab Ibnu Sinni melalui salah seorang Isteri Nabi SAW yang menceritakan :


دَخَلَ عَلَىَّ رَسُوْلُ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَدْ خَرَجَ فِى اُصْبُعِى بَثْرَةٌ، فَقَالَ : عِنْدَكِ ذَرِيْرَةٌ؟ 

فَوَضَعَهَا عَلَيْهَا وَقَالَ : قُوْلِى : اَللّٰهُمَّ مُصَغِّرَ الْكَبِيْرِ وَمُكَبِّرَ الصَّغِيْرِ صَغِّرْ مَابِى، فَطَفِئَتْ


Artinya :

Rasulullah SAW menggilirku, sedangkan pada jari telunjukku terdapat bisul. Lalu beliau bertanya, "Apakah mempunyai dzarirah (kemenyan)?" Lalu beliau meletakan kemenyan itu pada bisulku dan bersabda, "ucapkanlah, 'Yaa Allah, yang mengecilkan yang besar dan yang membesarkan yang kecil, kecilkanlah apa yang menimpaku ini." Maka bisul itu kempes.


Hadits ini diriwayatkan oleh Ibnu Sinni No. 629, melalui jalur Ibnu Juraij, dari Amr ibnu Yahya ibnu Imarah, dari Maryam binti Abu Katsir, dari salah seorang Isteri Nabi SAW.

Hadits ini diketengahkan pula oleh Imam Ahmad di dalam Kitab Musnad, Juz 5, Nomor 370, melalui jalur Ibnu Juraij, dari Amr ibnu Yahya ibnu Imarah, dari Maryam binti Ilyas Ibnul Bakir, seorang Sahabat Rasulullah SAW, dari salah seorang Isteri Nabi SAW.

Ibnu Allan di dalam kitab Syarhul Adzkar mengatakan bahwa Al Hafidz sesudah mengetengahkan Hadits ini melalui jalur Imam Ahmad ibnu Hambal dan lain-lainnya berikut sanadnya sampai kepada Maryam bintu Ilyas ibnu Bakir, Sahabat Rasulullah SAW, dari salah seorang Isteri Nabi SAW, mengatakan bahwa Hadits ini berpredikat Sahih.

Wallohu A'lam Bisshowab... (FY)

Post a Comment for "Jerawat Bikin Gak PD? Baca Do'a Dari Rasulullah Ini"