Adzan Dengan Pengeras Suara Pertama Dikumandangkan di Masjid Terbesar di Jerman

 


Qorroba.ID, Semarang - Adzan dengan pengeras suara untuk pertama kalinya dikumandangkan dari salah satu masjid terbesar Jerman yaitu di Cologne, walaupun dengan volume terbatas.

Hal ini sebagai bagian dari proyek yang telah disepakati dengan pihak berwenang di kota yang memiliki salah satu komunitas Muslim terbesar di negara itu.

mengutip dari Aljazeera.com, pihak berwenang di kota terbesar keempat di Jerman tahun lalu membuka jalan bagi masjid-masjid untuk mengajukan izin azan selama maksimum lima menit antara siang dan jam 3 sore pada hari Jumat, dengan batas kebisingan ditetapkan untuk setiap masjid sesuai dengan lokasinya.

Adzan bukanlah yang pertama bagi Jerman, tetapi perkembangan hari Jumat membawanya ke sebuah masjid yang sangat menonjol.

Masjid Pusat Cologne, adalah sebuah bangunan modern dengan dua menara tinggi. Masjid itu terletak di jalan yang sibuk di distrik Ehrenfeld di sebelah barat pusat kota.

Kaca besar dan struktur beton dirancang berbentuk kuncup bunga. Diketahui masjid itu mampu menampung sebanyak 1.200 jamaah.

Masjid Pusat Cologne dijalankan oleh Persatuan Islam Turki untuk Urusan Agama, atau DITIB, dan diresmikan oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada 2018.

Selama ini, azan hanya terdengar di dalam gedung. DITIB mengatakan kesepakatan untuk percobaan dua tahun panggilan dibuat dengan kota pada hari Rabu.

Pihak berwenang mengatakan adzan akan disiarkan dengan pengeras suara dan terdengar di luar, meskipun itu harus dibatasi hingga 60 desibel untuk penduduk terdekat.

“Kami sangat senang,” kata Sekretaris Jenderal DITIB Abdurrahman Atasoy kepada wartawan, Kamis. “Adzan publik adalah tanda bahwa umat Islam ada di rumah di sini.”, mengutip dari Aljazeera.com, Minggu (16/10/2022)

Walikota Cologne mengatakan mengizinkan adzan menunjukkan keragaman dihargai di kota.

Namun, pembatasan yang dikenakan pada proyek menunjukkan sensitivitas subjek.

Dan pembangunan Masjid Pusat itu sendiri mendapat tentangan dari kelompok sayap kanan, uskup agung Cologne saat itu, dan lainnya di akhir tahun 2000-an.

Jerman sendiri adalah rumah bagi lebih dari lima juta Muslim, terhitung sekitar enam persen dari populasi.

Kota Cologne, yang terkenal dengan Katedral Domnya yang menjulang, tinggal di dalamnya 100.000 penduduk Muslim.

(FY)

Post a Comment for "Adzan Dengan Pengeras Suara Pertama Dikumandangkan di Masjid Terbesar di Jerman"